Blogger

Rabu, 04 Desember 2013

Remote




Remote Desktop adalah salah satu fitur yang terdapat di dalam sistem operasi Microsoft Windows Xp, Windows server 2003, Windows Vista, Windows 7 dan Windows server 2008 untuk terkoneksi ke sebuah mesin (komputer) jarak jauh seolah-olah mereka duduk di depan komputer yang bersangkutan. Remote desktop menggunakan protokol Remote Desktop Protokol (RDP) dan secara default berjalan di TCP port 3389.
Dengan kata lain Remote Desktop dapat mengambil alih/mengendalikan langsung fungsi komputer lain dari sumbernya yang tentu saja dengan menggunakan jaringan, baik itu melalui LAN maupun Internet. Ada beberapa software yang dapat digunakan untuk meremote desktop diantaranya sebagai berikut :

Radmin
Radmin adalah salah satu software yang paling aman solusi tercepat dan paling populer perangkat lunak akses remote dirancang untuk Windows. Sebuah layar komputer remote dapat dilihat pada monitor lokal baik dalam sebuah jendela atau tampilan layar penuh. Semua gerakan mouse dan penekanan tombol akan ditransfer langsung ke komputer remote. File dapat ditransfer ke dan dari komputer remote, dan komunikasi dengan pengguna komputer remote ini dimungkinkan dengan baik Obrolan Teks atau Voice Chat.


Team Viewer
TeamViewer adalah software komputer untuk remote control, desktop sharing, pertemuan online, web conferencing dan transfer file antara komputer. Software ini dapat di operasikan pada Microsoft Windows, Linux, dan Android. Di Indonesia team Viewer biasa digunakan oleh para programmer untuk me-remote komputer dengan jarak jauh. Sehingga ketika suatu kantor pusat ingin memperbaiki software cabang perusahaannya yang berada di Surabaya. Seorang programmer tidak perlu repot-repot pergi ke kantor cabang di Surabaya cukup memperbaiki melalui tempat kerja dimana programmer itu berdomisili.

Telnet
Telnet adalah aplikasi remote login Internet. Telnet digunakan untuk login
ke komputer lain di Internet dan mengakses berbagai macam pelayanan umum,
termasuk katalog perpustakaan dan berbagai macam database. Telnet memungkinkan pengguna untuk duduk didepan komputer yang terkoneksi ke internet dan mengakses komputerlain yang juga terkoneksi ke internet. Dengan kata lain koneksi dapat terjadi ke mesin lain di satu ruangan, satu kampus, bahkan setiap komputer di seluruh dunia. Setelah terkoneksi, input yang diberikan pada keyboard akan mengontrol langsung ke remote computer tadi. Akan dapat diakses pelayanan apapun yang
disediakan oleh remote machine dan hasilnya ditampilkan pada terminal lokal.
Dapat dijalankan session interaktif normal (login, eksekusi command), ata dapat diakses berbagai service seperti: melihat catalog dari sebuah perpustakaan, akses ke teks dari USA today, dan masih banyak lagi service yang disediakan oleh masing-masing host pada di network.
Telnet menggunakan 2 program, yang satu adalah client (telnet) dan server
(telnetd). Yang terjadi adalah ada dua program yang berjalan, yaitu software client yang
dijalankan pada komputer yang meminta pelayanan tersebut dan software server yang dijalankanoleh komputer yang menghasilkan pelayanan tadi.

Putty
PuTTY adalah anda menjalankan PuTTY pada OS Windows, dan dapat digunakan untuk menyambung ke (misalnya) mesin Unix. Aplikasi Putty membuka Window. Lalu, apa saja yang diketik dalam jendela yang dikirim langsung ke mesin Unix, dan segala sesuatu respon dari OS Unix akan dikirim kembali ditampilkan di jendela anda. Sehingga Anda dapat bekerja pada mesin Unix seolah-olah anda sedang berada di console, sementara sebenarnya tidak.. Sebelum versi 0,58, tiga rilis berturut-turut (0,55-0,57) dibuat untuk memperbaiki lubang keamanan aplikasi PuTTY yang signifikan pada versi sebelumnya, beberapa bug aplikasi PuTTY diantaranya bahkan memungkinkan klien masuk ke server tanpa otentifikasi terlebih dahulu. Versi 0,58, dirilis pada bulan April 2005, berisi beberapa fitur baru, termasuk dukungan Unicode yang lebih baik. Beberapa aplikasi yang ada dalam file download kami meliputi:
1.      PuTTY (Client Telnet dan SSH)
2.      PSCP (SCP client, i.e. command-line secure file copy)
3.      PSFTP (an SFTP client, i.e. general file transfer sessions much like FTP)
4.      PuTTYtel (a Telnet-only client)
5.      Plink (a command-line interface to the PuTTY back ends)
6.      Pageant (an SSH authentication agent for PuTTY, PSCP and Plink)
7.      PuTTYgen (an RSA and DSA key generation utility).

Adapun langkah-langkahnya adalah:

Buka installer Radmin server


Selanjutnya untuk melanjutkan instalan, klik next


Untuk menyetujui proses penginstalan, klik “ I accept the terms in the licence agreement” 
lalu klik next lagi


Kemudian klik install


Proses instalasi


Instalasi telah berhasil, klik Finish

Setelah mengklik finish, Radmin Server akan terbuka secara otomatis. Klik “Permissions”

Selanjutnya klik permissions lag


Klik Add User



Selanjutnya masukkan nama dan password. Setelah selesai, maka user nama anda juga akan terdapat pada halaman Radmin user


Setelah itu install Radmin Viewer. Dengan cara: buka installer radmin viewer




Klik next untuk melanjutkan instalasi


Untuk menyetujui proses penginstalan, klik “ I accept the terms in the licence agreement” 
lalu klik next lagi


Untuk memulai proses instalasi, klik install


Proses instalasi
Instalasi success, klik finish. Radmin Viewer akan terbuka secara otomatis

Klik connects to an address


Masukkan IP Address PC yang akan diremote lalu klik ok.

Permintaan untuk terhubung dengan PC lain sedang diproses


Jika remote berhasil, maka apa saja yang ditampilkan pada monitor PC yang telah kita remote akan muncul di PC monitor kita.
 

0 komentar:

Posting Komentar