Blogger

Selasa, 03 Desember 2013

Firewall





Firewall adalah perangkat yang berfungsi untuk memeriksa dan menentukan paket data yang dapat keluar atau masuk dari sebuah jaringan. Dengan kemampuan tersebut maka firewall berperan dalam melindungi jaringan dari serangan yang berasal dari jaringan luar (outside network). Firewall mengimplementasikan packet filtering dan dengan demikian menyediakan fungsi keamanan yang di gunakan untuk mengelola aliran data ke, dari dan melalui router. istilah firewall menjadi istilah lazim yang merujuk pada system yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda . mengingat saat ini banyak perusahaan yang memiliki akses ke internet . Sebagai contoh, firewall di fungsikan untuk melindungi jaringan lokal (LAN) dari kemungkinan serangan yang datang dari Internet. Selain untuk melindungi jaringan, firewall juga di fungsikan untuk melindungi komputer user atau host (host firewall).

CARA KERJA FIREWALL
Secara sederhana bisa di gambarkan cara kerja dari Firewall :
Ø  Ketika ada paket data yang masuk ke jaringan atau komputer maka Firewall akan mengecek header dari paket data tersebut. Kemudian menggunakan aturan jaringan maka firewall bisa menentukan apakah data paket ini bisa di teruskan atau tidak. Jika tidak maka akan ada pemblokiran, jika di ijinkan maka paket data ini akan di teruskan sesuai mekanisme jaringan tersebut sehingga sampai ke komputer yang di maksud.
Ø  Dan sebaliknya ketika ada paket data keluar maka Firewall pun bisa mengecek berdasarkan IP dan content. Disini biasanya jaringan bisa memblok akses sebuah divisi ke sebuah sumber daya jaringan. Atau mungkin pemblokiran content yang mengandung pornografi. Disini firewall memiliki aturan untuk memfilter permintaan seperti ini.
JENIS-JENIS FIREWALL
Firewall terbagi menjadi dua jenis, yakni sebagai berikut :
Ø  Personal Firewall: Personal Firewall di desain untuk melindungi sebuah komputer yang terhubung ke jaringan dari akses yang tidak di kehendaki. Firewall jenis ini akhir-akhir ini berevolusi menjadi sebuah kumpulan program yang bertujuan untuk mengamankan komputer secara total, dengan di tambahkannya beberapa fitur pengaman tambahan semacam perangkat proteksi terhadap virus,anti-spyware, anti-spam, dan lainnya. Bahkan beberapa produk firewall lainnya di lengkapi dengan fungsi pendeteksian gangguan keamanan jaringan (Intrusion Detection System). Contoh dari firewall jenis ini adalah Microsoft Windows Firewall (yang telah terintegrasi dalam sistem operasi Windows XP Service Pack 2, Windows Vista dan Windows Server 2003 Service Pack 1), Symantec Norton Personal Firewall, Kerio Personal Firewall, dan lain-lain. Personal Firewall secara umum hanya memiliki dua fitur utama, yakni Packet Filter Firewall dan Stateful Firewall.
Ø  Network Firewall: Network Firewall di desain untuk melindungi jaringan secara keseluruhan dari berbagai serangan. Umumnya di jumpai dalam dua bentuk, yakni sebuah perangkat terdedikasi atau sebagai sebuah perangkat lunak yang di instalasikan dalam sebuah server. Contoh dari firewall ini adalah Microsoft Internet Security and Acceleration Server (ISA Server), Cisco PIX, Cisco ASA, IPTables dalam sistem operasi GNU/Linux, pf dalam keluarga sistem operasi Unix BSD, serta SunScreen dari Sun Microsystems, Inc. yang dibundel dalam sistem operasi Solaris. Network Firewall secara umum memiliki beberapa fitur utama, yakni apa yang di miliki oleh personal firewall (packet filter firewall dan stateful firewall), Circuit Level Gateway, Application Level Gateway, dan juga NAT Firewall. Network Firewall umumnya bersifat transparan (tidak terlihat) dari pengguna dan menggunakan teknologi routing untuk menentukan paket mana yang diizinkan, dan mana paket yang akan ditolak.


Buka winbox, connect menggunakan MAC Address
Klik IP lalu pilih Address


Masukkan IP Address Mikrotik Either 3


Klik IP lalu pilih Firewall


Pilih input pada kolom chain, dan masukkan Src. Address 7.7.7.7

Klik Action pilih accept


Lakukan hal yang sama, hanya saja pada Action ubah menjadi drop.
Gambar di atas adalah HasilKonfigurasi


Exit, kemudian login menggunakan IP Address Mikrotik Either 3.


Selanjutnya untuk memblok address buka ip→firewall lalu pada filter rules klik tanda (+) maka kotak dialog general General ,advanced, extra,action,statistics pada general di kolom chain isikan nama input sedangkan pada kolom


Selanjutnya pada action pilih Drop lalu OK


Maka,address yang lain tidak dapat di akses karena telah di blok  seperti gambar berikut :


Maka winbox di laptop anda tidak dapat di akses oleh address lalin kecuali address yang ada pada PC, MAC address mikrotik tersebut dan address yang telah kita buat tadi untuk mengetesnya coba ubah address PC.


Maka yang tampil adalah gambar di atas


Mac server
Pilih tools → mac server

Maka akan tampil seperti gambar di atas.

0 komentar:

Posting Komentar